Strategi Operasi Perencanaan dan Penerapan Manajemen Bisnis yang Baik
Strategi operasi dalam perencanaan sebuah bisnis sangatlah dibutuhkan. Pengelolaan manajerial yang baik tidak akan pernah terpengaruh oleh pengaruh pasar luar.
Mereka selalu memetakan arah untuk diri mereka sendiri dan bahkan mencoba mempengaruhi pasar untuk bergerak ke arah pemetaannya.
Di tempat kerja, mereka selalu merencanakan strategi bisnis bagi karyawan untuk diajak bekerja sama. Jadi bagaimana proses perencanaan strategis bisnis?
Baca Juga : Strategi Jitu Menangani Resiko Usaha Dan Cara Mengatasinya
Definisi Strategi Operasi
Strategi operasi adalah suatu sikap komitmen terhadap seluruh kegiatan yang disiapkan dan direncanakan dalam lingkup perusahaan.
Kegiatan yang akan dilaksanakan disini memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada secara maksimal serta melakukan proses informasi demi tercapainya tujuan bisnis dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.
Di dalam lingkup pasar bisnis dengan persaingan yang semakin ketat dan kemajuan teknologi, wajib memiliki rencana dan strategis bisnis yang jelas dan efektif.
Apa itu rencana dan strategis bisnis?
Rencana bisnis adalah dokumen terperinci yang menjelaskan tujuan bisnis baru atau lama, serta strategi untuk mencapainya, struktur organisasi, model bisnis, target pasar, perkiraan keuangan, analisis pasar, rencana pemasaran-penjualan, dan analisis risiko.
Dengan kata lain, rencana bisnis adalah peta jalan atau rencana tindakan untuk bisnis yang membantu menentukan tujuan bisnis, sumber daya yang diperlukan, dan cara mencapainya.
Rencana bisnis adalah alat penting bagi pemilik usaha untuk merencanakan dan menjalankan bisnis mereka dengan benar. Mereka juga merupakan dokumen yang diperlukan untuk proses pinjaman dari investor asing dan mencari modal investasi.
Rencana bisnis yang baik akan menjelaskan seperti:
- Ringkasan eksekutif: Menguraikan ide bisnis, tujuan , dan keunggulan kompetitif .
- Deskripsi bisnis, Detail tentang jenis bisnis, sejarah, dan struktur hukum.
- Produk atau layanan: Menjelaskan produk atau layanan yang disediakan bisnis.
- Analisis pasar: Menganalisis target pasar, pelanggan potensial, dan persaingan.
- Strategi dan eksekusi: Rencana pemasaran, penjualan dan pertumbuhan.
- Rencana organisasi dan manajemen: Struktur organisasi, tim manajemen dan personel.
- Peramalan keuangan: Peramalan pendapatan, laba, arus kas, dan analisis titik impas.
- Analisis risiko: Menilai potensi risiko dan rencana respons.
Strategi bisnis adalah rencana terstruktur dan terarah yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan jangka panjang, melalui pemahaman pasar, kekuatan dan kelemahan internal, serta pengenalan peluang dan tantangan eksternal.
Tujuannya adalah menciptakan keunggulan kompetitif, pertumbuhan yang berkelanjutan, keuntungan yang optimal, dan memenuhi kebutuhan pelanggan.
Strategi bisnis melibatkan berbagai komponen seperti penetapan target pasar, diferensiasi produk, penetapan harga, pengelolaan rantai pasokan, pemasaran yang efektif, dan inovasi.
Penting untuk memperbarui strategi bisnis secara berkala agar tetap relevan di tengah perubahan pasar, teknologi, dan lingkungan bisnis.
Apa tujuan dari penerapan strategi operasi?
Strategi operasional adalah visi dari fungsi operasional yang menentukan arah keseluruhan atau kekuatan pendorong pengambilan keputusan.
Dalam sebuah strategi operasional tentunya harus menghasilkan model pengembalian yang konsisten atas keputusan operasional dan juga keunggulan kompetitif bagi perusahaan.
Baca juga: Media Online Sebagai Kebutuhan Hidup Generasi Milenial
Apa saja indikator strategi operasional?
Indikator pengaruh sebagai pembentukan strategi operasional adalah:
- Komitmen terhadap kegiatan pada lingkup perusahaan.
- Mengetahui kondisi yang ada saat ini dan yang direncanakan.
- Proses transformasi, yaitu kegiatan perusahaan yang dapat mengubah masukan menjadi nilai tambah keluaran.
Proses Strategi Operasi Manajemen Bisnis yang Efektif
1. Penetapan Tujuan (mission)
Merumuskan tujuan atau sasaran yang ingin dicapai perusahaan di masa yang akan datang.
Sasaran tersebut harus realistis dan dapat diukur yang mewakili dengan tepat apa yang ingin dicapai perusahaan.
Dalam proses perencanaan strategis, tujuan khusus harus: pendapatan, laba, pangsa pasar, reinvestasi.
Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan ketika menetapkan tujuan adalah:
- keinginan pemegang saham.
- Kemampuan finansial.
- Peluang.
- Menilai situasi
Ada dua bidang yang akan dinilai:
- Menilai lingkungan bisnis : Mempelajari lingkungan bisnis untuk menentukan faktor-faktor apa dalam lingkungan saat ini yang menghadirkan ancaman atau peluang bagi tujuan dan strategi perusahaan. Menilai lingkungan bisnis mencakup sejumlah faktor seperti: ekonomi, peristiwa politik, teknologi, tekanan pasar, hubungan dan masyarakat.
- Penilaian sumber daya internal : Menganalisis kekuatan dan kelemahan perusahaan secara menyeluruh dalam aspek-aspek berikut: Manajemen, Pemasaran, keuangan, kegiatan produksi, penelitian dan pengembangan (R&D).
2. Pengembangan strategi
Setelah menyelesaikan tahap evaluasi, perencana melanjutkan ke tahap seleksi.
Untuk memiliki pilihan, perlu mempertimbangkan variabel internal serta variabel objektif.
Pilihan biasa jelas dari semua informasi yang relevan di bagian evaluasi dari proses perencanaan.
Namun, untuk membuat pilihan, setiap proyek harus dipertimbangkan dalam hal biaya, penggunaan sumber daya yang langka, jadwal waktu dan keterjangkauan relatif.
3. Mempersiapkan dan melaksanakan rencana strategis
Mempersiapkan dan menerapkan rencana strategis melibatkan dua proses yang berbeda tetapi saling terkait:
1. Fase organisasi : adalah proses implementasi yang melibatkan pengorganisasian orang dan sumber daya untuk memperkuat pilihan.
2. Fase kebijakan : pengembangan kebijakan alam untuk mengkonsolidasikan fungsi, pilihan strategis yang lebih rinci.
3. Pendekatan Pengembangan yang Menguntungkan
Yakni upaya untuk menyusun sebuah program kerja yang berpotensi mendatangkan banyak keuntungan dan laba dalam jumlah besar. Perekmbangan yang menguntungkan bisa mewujudkan keseimbangan yang sangat menguntungkan antara lingkungan perusahaan dan saran yang tersedia.
4. Pendekatan SWOT
SWOT atau Strenghts, Weaknesses, Opportunities, dan Threats atau yang lebih dikenal dengan kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman.
Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats adalah singkatan dari SWOT. Analisis SWOT merupakan metode perencanaan strategis yang berguna dalam menilai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman suatu proyek.
4. Evaluasi dan kendalikan rencana
Pada tahap proses perencanaan strategis bisnis ini, manajer senior menentukan apakah pilihan strategis mereka dalam model implementasi konsisten dengan tujuan bisnis. Ini adalah estimasi biasa dan proses pengendalian strategi manajemen operasional, tetapi akan ada penambahan skala.
Factor-faktor yang mendorong untuk penerapan strategi operasi:
- Menekan budget atau biaya (efisiensi) & meningkatkan kualitas produk
- Melemahnya bargaining position dalam menghadapi suplier bahan baku,suku cadang atau komponen yang diperlukan.
- Kompetitor pesaing semakin kuat dalam pemasaran produk yang sama
- Ketiadaan atau kelangkaan SDM profesional untuk bidang keahlian tertentu dalam menciptakan kemampuan khusus.