Cara Operasikan MS. Excel Tanpa Mouse - Dalam dunia kerja yang sibuk, efisiensi adalah kunci, dan pada blog setiyan ini akan memberikan tips dan trik yang mudah dipahami untuk membantu Anda meningkatkan produktivitas di MS. Excel tanpa harus bergantung pada penggunaan mouse. Tidak perlu bingung lagi mempelajari teknik-teknik praktis yang akan membuat Anda menjadi ahli dalam mengoperasikan MS. Excel dengan cepat dan efisien.
Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Lepaskan mouse pada PC/Laptop Anda.
2. Buka program MS. Excel dengan cara berikut:
- Untuk Windows 7: Klik shortcut windows pada keyboard, lalu ketik "Microsoft Excel" dan tekan Enter.
- Untuk Windows 8 (seperti yang saya pakai): Klik shortcut windows pada keyboard, arahkan ke menu pencarian dengan menekan Tab, tekan Enter, ketik "Microsoft Excel", dan tekan Enter lagi.
2. tuliskan data yang ingin kita buat. contoh
3. Setelah itu, akan terbuka sebuah Blank Workbook MS. Excel. Lakukan langkah berikutnya dengan mengetik "ALT". Maka akan muncul tampilan seperti yang ditunjukkan di sini.
4. Untuk merapikan penulisan yang berada di kolom A hingga F dan menghilangkan garis pembatas, ikuti langkah-langkah berikut:
Letakkan kursor pada sel A1 dan tekan SHIFT + ARAH KANAN untuk memblok sebagian tulisan yang ingin Anda edit.
Setelah itu, ketik "ALT + H". Maka tampilannya akan menjadi seperti yang ditunjukkan di sini.
5. Setelah mengetik "ALT + H", langkah selanjutnya adalah mengetik "M". Kemudian, ketik huruf "C" atau gunakan tanda panah bawah untuk memilih opsi "Custom Marges". Sebagai contoh, mari kita pilih opsi "Merge & Center".
hasilnya akan seperti ini
6. Untuk merapikan tulisan karena kolom tidak cukup, ikuti langkah berikut:
- Sebelum mengedit, tempatkan kursor pada kolom F di baris ke-2 (di bawah tulisan). Lalu ketik "ALT + H", kemudian ketik "O".
- Untuk memilih opsi dengan menggunakan arah bawah, dapat mengetiknya atau lebih cepatnya, ketik huruf "W" sebagai alternatif.
Memahami dasar cara mengoperasikan MS. Excel merupakan langkah awal yang penting. Prinsipnya, kemampuan menggunakan tombol ALT bisa diterapkan pada seluruh aplikasi MS Office. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan eksplorasi. Setiap fungsi pasti didukung dengan keterangan yang bisa diikuti. Dengan sikap ingin belajar dan berani mencoba, Anda akan semakin menguasai penggunaan MS Office secara efektif.
Kode shortcut dan fungsi
No
|
Shortcut
|
Fungsi
|
1
|
ALT + H
|
Membuka ribbon HOME
|
2
|
ALT + H + FF
|
Merubah jenis font
|
3
|
ALT + H + H
|
Merubah fill color
|
4
|
ALT + H + FC
|
Merubah warna font
|
5
|
ALT + H + AC
|
Mengatur rata tengah
|
6
|
ALT + H + B + A
|
Membuat garis tepi dari
komponen
|
7
|
ALT + H + M
|
Menggabungkan 2 sel atau
lebih
|
8
|
ALT + H + O + W
|
Mengatur lebar kolom
|
9
|
ALT + H + N
|
Merubah format number
|
10
|
ALT + H + O + R
|
Merubah nama SHEET
|
11
|
ALT + H + 1
|
Memberi efek tebal pada sebuah
teks
|
12
|
ALT + H + 2
|
Memberi efek miring pada sebuah teks
|
13
|
ALT + H + 3
|
Memberi garis bawah pada
sebuah teks
|
14
|
ALT + H + U
|
Memberikan rumus AutoSum
atau rumus lain secara otomatis
|
15
|
ALT +H + FM
|
Mengatur format sel
|
16
|
ALT + H + AN
|
Merubah jenis mata uang
|
17
|
ALT + H + I
|
Menyisipkan/memasukan sel,
baris, dan kolom
|
18
|
ALT + 1
|
Menyimpan file
|
19
|
ALT + F
|
Membuka ribbon FILE
|
20
|
ALT + N
|
Membuka ribbon INSERT
|
21
|
ALT + P
|
Membuka ribbon PAGE LAYOUT
|
22
|
ALT + M
|
Membuka ribbon FORMULA
|
23
|
ALT + O + H
|
Mengatur panjang kolom
|
24
|
ALT + H + AL
|
Mengatur rata kiri teks
|
25
|
ALT + H + AR
|
Mengatur rata kanan teks
|
26
|
ALT + F + A
|
Menyimpan file dengan nama
baru
|
27
|
ALT + F + O
|
Membuka dokumen
|
28
|
ALT + F + N
|
Membuat dokumen/membuat
workbook baru
|
29
|
CTRL+PAGE DOWN/UP
|
Membuka/pindah ke sheet
yang lain
|
30
|
CTRL + C
|
Menggandakan/mengkopi
|