Prinsip Kerja Cookie Computer dalam Pemasaran Afiliasi
Bagaimana cara kerja cookie di Affiliate Marketing (pemasaran afiliasi)? Apakah Anda memahami prinsip pengoperasian cookie computer dalam pemasaran afiliasi?
Artikel ini akan membahas tentang cookie computer dalam Pemasaran Afiliasi – poin kunci dari Pemasaran Afiliasi. Untuk sementara saya akan memanggil affiliate marketer Publisher (Pub). Ada juga beberapa singkatan lain seperti:
- E- niaga: E-niaga
- Pengguna: Pembeli, konsumen.
Apa itu Cookie?
Cookie adalah file kecil yang secara otomatis ditampilkan di perangkat pengguna dan berfungsi untuk menjaga preferensi dan konfigurasi pengguna saat mengunjungi situs.
Cookie ini tidak dimaksudkan untuk digunakan saat mengakses data lain di komputer pengguna, kecuali jika pengguna menyetujui pengirimannya.
Meskipun perangkat komputer pengguna secara otomatis menerima cookie, pengguna masih dapat memilih untuk membuat perubahan melalui pengaturan browser pengguna, yaitu opsi untuk menolak cookie (opsi ini akan mencegah ketersediaan layanan tokopedia ke maksimum jika pengguna memiliki akses ke situs ).
Ketika Pengguna mengklik tautan Afiliasi Penerbit dan menavigasi ke situs web E-niaga di komputer atau ke aplikasi lantai perdagangan E-niaga di perangkat seluler, riwayat akses yang disebut cookie akan disimpan.
Perhatikan, ada beberapa kasus di mana cookie tidak dikenali sebagai berikut:
Kasus 1: Pengguna mengklik tautan afiliasi di telepon tetapi mereka tidak menavigasi langsung ke aplikasi, tetapi dalam keadaan pratinjau produk web (safari), cookie tidak akan dihitung.
Saat ini, beberapa platform (platform e-commerce) tidak mengizinkan navigasi langsung ke aplikasi, tetapi ada bidang (pop-up) yang menanyakan Pengguna "Apakah Anda ingin membuka Shopee, Lazada atau Toped"?
Jika pengguna memilih ya, mereka hanya akan masuk ke aplikasi => kali ini, cookie akan dihitung. Jika pengguna memilih "tidak", mereka hanya akan melihat produk di pratinjau web => tidak ada cookie yang akan direkam.
Kasus 2: Pengguna yang mengklik tautan afiliasi Anda sendiri tidak memiliki aplikasi lantai e-niaga yang sudah diinstal sebelumnya di ponselnya, jadi mereka diharuskan melihat tautan itu dalam bentuk pratinjau web => jadi cookie tidak dikenali.
Oleh karena itu, jika ada penerbit yang melacak pengukuran klik melalui platform pemasaran afiliasi yang Anda lakukan, seperti yang saya lakukan di Ecobi, dan kemudian membandingkannya dengan data dari alat pengukuran klik lain, Anda pasti akan melihat perbedaannya, klik lebih banyak atau lebih sedikit.
Jika Anda ragu apakah Platform yang saya kerjakan (situs pemasaran afiliasi) mencatat kurangnya klik saya, jawabannya adalah TIDAK. Karena klik dicatat sebagai klik Pelacakan (cookie) dan bukan sebagai klik acak yang tidak berhasil menavigasi ke halaman arahan (saya menyebutnya Klik gagal).
Kasus 3: Karena tautan internal dari platform e-commerce rusak saat memperbarui versi baru (langka).
Misalnya, terakhir kali sekitar akhir tahun 2021, banyak Penerbit melaporkan kesalahan bahwa tautan Pelacakan Lazada di Facebook Messenger tidak mengarah ke tautan yang benar yang mereka dapatkan.
Dan setelah diperiksa ternyata kesalahan itu berasal dari Lazada sendiri, sehingga tim teknis Lazada mengumumkan untuk segera memperbaiki kesalahan agar tidak menyebabkan kerugian pendapatan untuk penerbit yang mengkhususkan diri berjualan di Lazada.
Bagaimana Pemasaran Afiliasi dihitung?
#1. Klik terakhir – Pesanan pertama
Klik terakhir: Artinya, ketika pengguna membuat pesanan, komisi dikreditkan ke Penerbit yang memiliki klik terakhir.
Misalnya, jika pengguna mengklik 10 tautan afiliasi dari 10 penerbit berbeda secara bergantian dan kemudian melakukan pembelian, komisi yang dicatat pada laporan akan berasal dari Penerbit ke-10.
Pesanan pertama: Artinya, Penerbit hanya berhak atas komisi untuk pesanan pertama pengguna tersebut. Bukan formulir konsolidasi pesanan.
Misalnya, pengguna membeli pesanan termasuk produk N (N > = 1) pada aplikasi platform e-niaga dari tautan afiliasi Publisher, Pub ini akan menerima komisi dari pesanan ini.
Namun, jika pengguna telah selesai membeli pesanan pertama tetapi belum langsung keluar dari aplikasi, tetapi mereka terus membeli beberapa produk lagi, dari pesanan kedua, Pub tidak akan dapat mencatat komisi lagi.
Jadi yang harus dilakukan selanjutnya agar aplikasi kedua ini direkam? Maka prosedurnya seperti ini:
Pembayaran tunggal 1, keluar dari aplikasi => masuk kembali ke tautan aff Penerbit => pilih produk => lalu klik beli. Atau:
Bayar 1, ambil beberapa produk di keranjang => keluar aplikasi => kembali ke tautan aff Penerbit => lalu klik beli di keranjang.
#2. Apa itu Klik Pertama?
Klik pertama: Artinya komisi akan dihitung untuk Pub pertama.
Misalnya, pengguna mengklik 10 tautan afiliasi dari 10 Pub berbeda untuk mempelajari produk yang sama, dan ketika mereka memutuskan untuk membeli, komisi akan dikenakan untuk tautan aff Pub pertama.
Cara mencatat pesanan untuk Penerbit
Langkah 1: Pengguna mengklik tautan pemasaran pelacakan Penerbit di saluran platform yang valid (situs web, youtube, halaman penggemar ...)
Langkah 2: Pengguna diarahkan ke halaman penjualan di aplikasi/web, melakukan pembelian saat cookie beredar.
Langkah 3: Pengguna berhasil membayar pesanan, menerima barang dan tidak mengembalikan dalam jangka waktu tertentu yang termasuk dalam kebijakan pengembalian setiap platform e-commerce.
Sirkulasi cookie pada platform marketplace
Tergantung pada peraturan situs pemasaran afiliasi, misalnya, Platform Ecoobi adalah sebagai berikut:
SHOPEE: 07 hari untuk Cookie dari aplikasi, 30 hari untuk Cookie dari web (PC/Laptop).
LAZADA: 07 hari untuk Cookie dari aplikasi dan web.
TOKOPEDIA: 07 hari untuk Cookie dari aplikasi, 30 hari untuk Cookie dari web (PC/Laptop)
Setiap platform pemasaran afiliasi (Network Affiliate), setiap produk akan memiliki waktu retensi Cookie yang berbeda. Harap baca aturan dengan cermat sebelum berpartisipasi dalam pemasaran untuk produk apa pun!
Apa yang kita ketahui jika menerapkan cookie?
Mendapatkan informasi penting dan laporan platform affiliate.
Ketahui 3 nilai pentingnya yaitu Klik, Order, dan Komisi. Dari situ, dapatkan parameter untuk mengevaluasi efektivitas traffic konversi CVR (conversion rate), komisi yang diperoleh per klik EPC (Earnings per Click).
- Semakin tinggi CVR , semakin baik fungsi penayangan saluran Anda, konten navigasi yang efektif, dan saluran interaktif yang baik.
- EPC tinggi menunjukkan lebih banyak pesanan komisi tinggi daripada pesanan komisi bernilai rendah, beberapa pesanan bonus merek…
- CVR rendah, EPC menunjukkan bahwa ada banyak pengguna yang menyesatkan, spam/menjatuhkan tautan konten
Selain itu, ini juga membantu Anda untuk melihat parameter terperinci dari pesanan tertentu: Misalnya, kode pesanan, kampanye, status, lokasi, waktu klik pengguna, waktu pemesanan, daftar pesanan, status.
Di atas adalah prinsip pengoperasian Cookie dalam Pemasaran Afiliasi yang perlu Anda pahami saat menjadi pemasar afiliate. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.