7 Langkah Menentukan Target Audience untuk Bisnis Online
Pengertian target audience
Cara Menentukan Target Audience untuk Bisnis Online
Langkah # 1: Tentukan target pasar
Cara menentukan target market :
Selanjutnya, tanyakan pada diri Anda bagaimana mereka akan menemukan bisnis Anda. Apakah mereka akan mencari produk Anda di internet?
Terakhir, tentukan mengapa mereka menginginkan Anda . Anda harus mengartikulasikan mengapa dan bagaimana Anda akan memenuhi permintaan klien dengan sebaik-baiknya.
Toko online Anda mungkin memiliki satu atau lebih target pasar. Memahami potret klien memengaruhi antarmuka situs Anda, pembentukan blok informasi dan deskripsi produk, desain sumber daya online, format komunikasi di jejaring sosial. Anda perlu tahu dengan siapa Anda berkomunikasi.
Langkah # 2: Kumpulkan Informasi Pelanggan
Anda dapat mengumpulkan data menggunakan survei pelanggan dan grup fokus, wawancara telepon, survei di situs web dan jejaring sosial Anda, laporan Google Analytics.
Langkah # 3: Tinjau Pesaing atau Kompetitor
Untuk promosi online yang efektif dan penjualan yang sukses, Anda harus mengetahui siapa yang mendominasi pasar di segmen target Anda.
Lakukan analisis situs dan halaman di jejaring sosial pesaing. Perhatikan bagaimana mereka memposisikan produk atau layanan mereka, bagaimana mereka membentuk konten dan pesan untuk audience, bagaimana mereka berkomunikasi.
Lihat siapa yang menautkan ke pesaing Anda untuk melihat industri mana yang tertarik dengan produk atau layanan Anda.
Setelah menganalisis semua materi, tentukan apa yang Anda suka dan apa yang tidak Anda sukai dari presentasi pesaing Anda. Anda dapat mengadopsi kasus terbaik untuk bisnis Anda, tetapi Anda perlu mengintegrasikannya ke dalam promosi Anda dengan lebih baik.
Jangan hanya menyalin. Amati, tiru, dan Modifikasi. Jika pesaing Anda mampu melakukan sesuatu yang unik, analisis situasi ini sebagai kasus pelatihan dan pahami apa orisinalitas produk atau presentasi.
Ingatlah bahwa pesaing Anda sangatlah berharga karena mereka telah melakukan optimasi yang tepat untuk kalian tiru. Saat Anda menelusuri situs mereka, cobalah amati 3 pertanyaan dibawah ini:
- Apa keuntungan utama mereka?
- Bagaimana rasanya saat menjelajahi situs web mereka: apakah mereka profesional atau calon pengusaha?
- Apa yang mereka minta audiens mereka lakukan?
Langkah # 4: lakukan riset Anda
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami poin-poin rasa sakit dan keinginan audiens target Anda sehingga Anda dapat lebih menentukan siapa pelanggan ideal Anda dan apa yang dia butuhkan.
Jika Anda sudah memulai bisnis Anda, disarankan agar Anda menggunakan pengujian terpisah.
Beginilah cara meningkatkan penargetan dan strategi pemasaran mereka, dan ini adalah salah satu cara paling efektif dalam membangun bisnis Anda untuk mengumpulkan data dan membuat perubahan.
Wawancara tatap muka dengan calon pelanggan bisa memakan waktu dan sulit untuk dikoordinasikan, tetapi ini adalah penelitian terbaik jika Anda baru memulai bisnis.
Hal utama adalah mewawancarai orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda. Dari wawancara ini, Anda harus mendapatkan pemahaman yang lebih sempit tentang bagaimana Anda akan menentukan audiens target Anda.
Langkah nomor #5: Pelajari Bisnis Online Anda
Anda dapat menyesuaikan produk atau layanan Anda, mengelompokkan daftar email Anda, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda. Kemudian mereka akan merasa seolah-olah Anda membuat produk atau layanan Anda hanya untuk mereka.
Gunakan temuan penelitian untuk mengukur cara terbaik untuk berkomunikasi dengan basis pelanggan Anda. Identifikasi platform terbaik untuk komunikasi dan generasi prospek.
Baca juga: Tips Strategi Pemasaran Produk Online Agar Bisnis Efektif
Langkah # 6: evaluasi dan uji solusi Anda
Setelah Anda memutuskan rencana tindakan, pastikan itu benar-benar berfungsi. Setelah Anda memiliki garis dasar, Anda perlu memastikan bahwa mereka bergerak ke arah yang benar. Jika Anda tidak memiliki pemahaman dasar, Anda harus mencari verifikasi eksternal.
Anda dapat mengulangi pengujian terpisah untuk memastikan strategi pemasaran Anda berhasil. Metrik seperti rasio konversi dan rasio pentalan juga akan berubah jika Anda menuju ke arah yang benar.
Baca juga: Memahami Dampak Pemasaran Media Sosial Bagi Pebisnis
Langkah # 7: hindari kesalahan umum
Tidak peduli siapa audiens Anda, ada beberapa kesalahan pemula yang perlu Anda sadari.
Mulailah dengan presentasi. Bahkan layanan yang paling kompleks pun membutuhkan deskripsi sederhana. Pastikan bahasa yang Anda gunakan di situs Anda cocok dengan basis pelanggan Anda.
Berkomunikasi dengan pelanggan Anda di Internet secara terbuka dan ramah mungkin. Seolah-olah Anda melakukannya sambil minum kopi di kafe. Selalu mencoba untuk memahami mengapa pelanggan tidak senang dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya dengan cepat.
Membangun reputasi. Jika Anda belum memiliki pelanggan tetap, Anda hanya kehabisan anggaran pemasaran. Jadi berinvestasilah dalam jangka panjang.
Lakukan bisnis yang jujur. Temukan keseimbangan yang tepat antara tetap setia pada diri sendiri, merek Anda, dan mencoba menyesuaikan diri dengan audiens Anda.
Demikian langkah langkah menentukan target audience dan target market untuk mengebangkan bisnis yang kalian jalankan. Semoga bermanfaat.